Kamis, 23 Juni 2016

Nuzul Qur'an

NUZUL QUR'AN
.
Kapan Al Qur’an itu diturunkan? Sebagian mengatakan bahwa turunnya adalah 17 Ramadhan sehingga dijadikan peringatan Nuzulul Qur’an. Padahal tujuan Al Qur’an diturunkan bukanlah diperingati, yg terpenting adalah ditadabburi/direnungkan sehingga bisa memahami, mengambil ibrah, mengamalkan dan kemudian menerapkan hukum-hukum/aturan Allah di dalamnya secara kaffah (menyeluruh). Tidak mengambil sebahagian dan menolak sebahagian.

Allah Ta’ala berfirman,
.
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ (1) وَمَا أَدْرَاكَ مَا لَيْلَةُ الْقَدْرِ (2) لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ (3) تَنَزَّلُ الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ (4) سَلَامٌ هِيَ حَتَّى مَطْلَعِ الْفَجْرِ (5) .
.
“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.” (QS. Al Qadr: 1-5).
.
Dalam surat Al Qadar di atas disebutkan bahwa Allah menurunkan Al Qur’an pada Lailatul Qadar. Malam ini adalah malam yg diberkahi sebagaimana disebutkan dalam ayat yg lain,

إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةٍ مُبَارَكَةٍ .
.
“Sesungguhnya Kami menurunkannya pada suatu malam yg diberkahi.” (QS. Ad Dukhan: 3).
.
.
Maka dengan Refleksi Nuzul Quran ini, coba kita lihat pada diri, serta yg dialami bangsa dan negara ini, Adakah keberkahan Quran mempengaruhi dalam kehidupan kita??
Kita mengeluh kesulitan, banyak masalah, depresi, sementara kita tak pernah mengikuti Quran

Dan kita mengimpikan bahagia sementara semua amal kita berseberangan dengan Quran?

Padahal siapa yg memberi kebahagiaan kecuali Allah? Maka kembalilah pada Quran, Insya Allah bahagia dan berlimpah kebaikan. Benarlah firman Allah, "Kitab ini tidak ada keraguan (kesalahan) didalamnya, petunjuk bagi kaum yg bertakwa." (QS. Al-Baqarah: 2)

#LoveIslam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sumber Hukum yang wajib diketahui

Hukum adalah sesuatu yang abstrak, sebab ada yang mengartikan hukum sebatas nilai, kaidah, norma, aparat penegak hukum, dan lain-lain. Bahk...

Beberapa Asas Hukum